PALU, HAWA.ID – Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah () menjadi asuh dalam Program Terpadu Percepatan Penurunan dan Penanggulangan Kemiskinan (Tangguh Bersinar) tiga desa di Kabupaten Sigi.

Tangguh bersinar yang merupakan program Pemerintah Provinsi ( Pemprov) , telah dibagi titik-titik daerah di Kabupaten Sigi untuk jadi binaan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Sekretaris , Siti Rahmi Amir Singi, sekretariat telah mengidentifikasi tiga Desa di Kabupaten Sigi diantaranya Desa Rogo, Desa Baluase, dan Walatana yang menjadi titik binaan dalam program Tangguh Bersinar tersebut.

Tingginya angka di kabupaten Sigi kata dia, sehingga program tangguh bersinar difokuskan di Kabupaten Sigi. Langkah awal program, Sekretariat dalam tiga bulan melakukan identifikasi dan akan dilanjutkan proses intervensi ketika pada bulan keenam berjalan ketika seluruh perangkat daerah melaporkan hasil verifikasi dan temuan selama proses identifikasi berjalan.

Scroll untuk melanjutkan

Sekwan menjelaskan, selain perangkat daerah, Program Tangguh Bersinar ini juga melibatkan BUMD, pelaku usaha hingga Universitas yang bertanggung jawab di masing-masing wilayah binaannya.

“Kita masih perlu 1-2 minggu untuk proses identifikasi, karena yang kita data ini adalah daerah pedalaman yang terdiri beberapa dusun,” ujarnya.

Sekwan juga menjelaskan, Pemprov memberikan waktu proses identifikasi selama tiga bulan, dan akan dilanjutkan proses intervensi ketika pada bulan keenam berjalan ketika seluruh perangkat daerah melaporkan hasil verifikasi dan temuan selama proses identifikasi berjalan.LIA