Realisasi Retribusi Kota Palu 2022 Rendah

featured
Joppi Alvi Kekung pada Paripurna Laporan Pertanggungjawaban LKPj 2022 pada Kamis (6/4/2023) di ruang sidang utama DPRD Kota Palu.FOTO :IST
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, HAWA.ID – Berdasarkan laporan panitia khusus () Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Palu tahun 2022, nilai retribusi masih terbilang rendah dari target yang ditentukan. Hal itu disampaikan ketua , Joppi Alvi Kekung pada Paripurna Laporan Pertanggungjawaban LKPj 2022 pada Kamis (6/4/2023) di ruang sidang utama Kota Palu.

Paripurna yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kota Palu, Armin dan dihadiri Wakil Wali Kota Palu, dr. Renny Lamadjido tersebut, Joppi menjelaskan pada saat pembahasan dokumen laporan LKPj, pihak sempat mengembalikan dokumen tersebut karena terdapat beberapa kesalahan penyebutan atau penulisan angka Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

Jopi juga menjelaskan, ada beberapa indikator pada laporan LKPj 2022 tersebut, diantaranya kenaikan pendapatan daerah sebesar Rp11,4 miliar. Namun ada titik kelemahan dimana pencapaian retribusi hanya mencapai 53 persen.

Menurutnya hal itu sangat lemah, selain jauh dari target ditentukan, target retribusi di Kota Palu 2022 sudah diturunkan untuk menyesuaikan ekspektasi pencapaian setiap tahunnya.

“Masih jauh dari target yang ditetapkan, apalagi ini sudah beberapa kali mengalami pergeseran (penyesuaian target retribusi, red),” jelasnya.

Menurut politisi PDI-P ini, seharusnya pencapaian retribusi Kota Palu berimbang dengan pencapaian pajak yang realisasinya saat ini  mencapai 100 persen lebih. 

“Realisasinya itu hanya Rp15 miliar. Harusnya retribusi ini bisa berimbang dengan pencapaian pajak yang realisasinya  mencapai 100 persen lebih,” jelasnya.

Selaku ketua pansus, Joppi berharap anggota DPRD Kota Palu yang tergabung dalam Badan Anggaran () dan komisi terkait bisa mengalisa lebih lanjut terkait lemahnya pencaian retribusi setiap tahunnya.

“Kita juga berharap dari Pemkot bisa mengalisa lini sektor yang bisa memberikan kontribusi retribusi untuk daerah,” jelasnya.*/TIN

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Realisasi Retribusi Kota Palu 2022 Rendah

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us