PSI, Garuda, dan PKN Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu 2024 di Buol

featured
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, HAWA.ID – KPU Kabupaten Buol telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 17 Tahun 2024 yang membatalkan kepesertaan tiga partai politik dalam Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah () Kabupaten Buol tahun 2024. Partai-partai yang terkena pembatalan tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (), Partai Garda Republik Indonesia (GARUDA), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Dalam lampiran Surat Keputusan tersebut, yang ditandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Buol, Nanang, dijelaskan alasan pembatalan kepesertaan ketiga partai politik tersebut pada Pemilu 2024 untuk anggota Kabupaten Buol.

Partai Solidaritas Indonesia () dianggap tidak memenuhi persyaratan karena meskipun memiliki kepengurusan dan mengajukan calon anggota Kabupaten Buol, namun tidak mengajukan Laporan Awal Dana (LADK).

Sedangkan, Partai GARUDA dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dianggap tidak memenuhi persyaratan karena meskipun memiliki kepengurusan, mereka tidak mengajukan calon anggota DPRD Kabupaten Buol, serta tidak mengajukan LADK.

Dalam salinan Surat Keputusan KPU Buol yang diperoleh dari Komisioner Bawaslu Provinsi Sulteng Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Rasyidi Bakry, pada Senin (22/1/2024), dijelaskan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya untuk memastikan partai-partai yang kepesertaannya dibatalkan pada Pemilu 2024.

Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Provinsi Sulteng, Nisbah, juga telah mengonfirmasi bahwa partai-partai tersebut dibatalkan kepesertaannya karena tidak menyerahkan LADK kepada KPU. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Nisbah pada rapat koordinasi penetapan jadwal rapat umum Pemilu 2024 pada Jumat (19/1/2024) di aula kantor KPU Sulteng.

Nisbah menegaskan bahwa partai-partai yang kepesertaannya dibatalkan akan tetap masuk dalam jadwal kampanye, namun tidak dapat melaksanakan kampanye di tingkat kabupaten. Mereka hanya dapat melaksanakan kampanye di tingkat provinsi karena status kepesertaannya telah dibatalkan di tingkat kabupaten.

Nisbah juga mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, beberapa partai politik di berbagai kabupaten termasuk Parimo dan Buol telah dibatalkan kepesertaannya. Namun, hingga saat ini, belum semua nama partai politik yang dibatalkan telah diumumkan secara resmi.LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
PSI, Garuda, dan PKN Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu 2024 di Buol

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us