, HAWA.ID – Penyandang di sentra di Palu ikut meramaikan pesta demokrasi di 2024 dengan menyalurkan hak pilihnya, Rabu (14/2/2024).

Diwaktu-waktu akhir masa pencobolosan, atau sekitar pukul 12.30 Wita, petugas KPPS dari TPS 6 desa Kalukubula, Kabupaten , mendatangi langsung para penyandang di Sentra Nopotowe, Jalan Guru Tua, Kalukubula. Para penyadang disabilitas ini menjadi prioritas khusus dengan sistem jemput bola untuk memastikan mereka dapat menyalurkan hak pilihnya.

Sebanyak empat orang penyandang disabilitas dan satu orang lansia terlihat sangat antusias dalam menyalurkan hak pilih mereka. Dua orang penyandang disabilitas intelektual juga didampingi saat akan mencoblos.

Petugas KPPS, Faradillah Harun mengatakan, empat orang disabilitas dan satu lansia yang ada di sentra sumuanya merupakan pemilih yang masuk dalam Daftar pemilih tambahan (DPTb) atau pemilih yang pindah memilih.

Menurutnya, untuk kali ini tidak ada TPS khusus untuk disabilitas seperti yang pernah diadakan di – Pemilu sebelumnya karena memang tidak ada permintaan khusus dari pihak sentra .

Scroll untuk melanjutkan

Kepala Sentra Nipotowe , Yadi Muchtar, mengatakan bahwa penghuni di sentra tersebut saat ini cukup mobile tergantung pada pelatihan yang diterima. Saat ini, terdapat sekitar 20 orang penghuni, beberapa di antaranya telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Namun, sebagian dari mereka memilih pulang ke daerah masing-masing untuk memberikan suara mereka. Sementara itu, beberapa yang akhirnya memilih di Sentra Nipotowe, karena jarak yang cukup jauh dan kondisi mereka sehingga sulit untuk pulang.

Proses pemungutan suara di Sentra Nipotowe turut diawasi oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) kecamatan dan perwakilan dari Badan Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibnas) desa Kalukubula.

Kepala Sentra Nipotowe juga ikut mendampingi penyandang disabilitas intelektual ketika mereka akan mencoblos.LIA