Pengawasan Pemilu Perlu Keterlibatan Masyarakat

featured
Bawaslu Kota Palu menggelar Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang melibatkan tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan media, Kamis (13/9/2022) disalah satu hotel di kota Palu.FOTO : KARTINI
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

, HAWA.ID – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota menggelar Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang melibatkan tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan media, Kamis (13/9/2022) disalah satu hotel di kota .

Komisioner Bawaslu provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Darmianti saat menjadi narasumber mengatakan, banyak tantangan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Diantaranya, ditahapkan verifikasi faktual adanya pencatutan nama di akun KPU.

Selain itu kata dia, ditahapkan adanya politik identitas yang terjadi di setiap pelaksanaan Pemilu. Politik identitas sudah menjadi ramuan seriap even Pemilu.

Baca Juga

Selanjutnya budaya politik uang yang berakar dimasyarakat dan sulit untuk dihilangkan.

Olehnya itu kata Darmianti, diperlukan partisipasi masyakat untuk ikut serta dalam membantu Bawaslu dalam pengawasan.

Menurutnya, beberapa poin penting mengapa masyarakat harus terlibat mengawasi Pemilu yaitu, meningkatkan kualitas Pemilu, memastikan hak politik masyarakat terpenuhi, memastikan Pemilu bersih, transparan, dan berintegrasi dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraan. Selanjutnya, mendorong partisipasi semua elemen masyarakat, mendorong terwujudnya Pemilu sebagai instrumen penentu kepemimpinan politik dan evaluasi, serta mendorong munculnya kepemimpinan politik yang sesuai dengan aspirasi terbesar rakyat.LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Pengawasan Pemilu Perlu Keterlibatan Masyarakat

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us