PARIMO, .ID – Anggota Sulteng Nasrun bawakan materi dalam kegiatan Bimbingan Teknis kepada Panwascam se-kabupaten , Kamis (16/02/2023).

“Tolong instruksikan kepada seluruh jajaran pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk mencatat dan merekam setiap kejadian atau peristiwa yang teman-teman temui saat melakukan pengawasan terhadap proses pencocokan dan penelitian (Coklit) dan proses pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan oleh jajaran KPU,” sebut Nasrun saat membawakan materinya pada kegiatan Bimbingan Teknis atau Bimtek pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pada pemilihan umum serentak Tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Nasrun dalam rangka memberikan spirit serta penguatan kelembagaan kepada jajaran Pengawas yang turun langsung dalam mengawasi proses pencoklatan dan verifikasi faktual.

Lebih lanjut Nasrun meminta kepada Panwascam untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah desa guna mendapatkan data warganya. 

“Lakukan koordinasi dengan pemerintah desa terkait permintaan data orang yang meninggal dunia, data orang yang pindah, data orang yang sudah 17 tahun, serta data orang yang berubah status dari warga sipil menjadi TNI- dan sebaliknya” ujar Nasrun.

Scroll untuk melanjutkan

Diakhir materinya, Nasrun tidak lupa mengingatkan kembali kepada Panwascam untuk selalu mencatat setiap kejadian dan hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajarannya ke dalam form laporan hasil pengawasan.

“Catat semua kejadian dan pengawasan yang sudah teman-teman lakukan di lapangan, dan pastikan bahwa panitia pemutakhiran data atau pantarlih bekerja mendata sesuai dengan wilayah kerjanya” tutup Nasrun.

Bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Kabupaten tersebut berlangsung di aula Hotel Oktaria dan menghadirkan peserta dari pimpinan dan staf Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Parigi Moutong.*/LIA