Bakal Calon DPD Bisa Dipidana Bila Catut Nama Pemilih

featured
JAMRIN
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, .ID – Badan Pengawas Pemilihann Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah () mengingatkan kepada para bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) agar tidak mencatut nama untuk dimasukkan dalam syarat dukungan minimal.

“Kami mengingatkan kepada bakal calon DPD, jika terbukti melakukan pencatutan nama maka ada sanksi pidana dan sanksi administrasi yang akan menjerat bakal calon,” tegas Ketua Bawaslu Sulteng, Jamrin, Rabu (04/01).

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada Bawaslu setempat jika namanya dicatut sebagai pendukung bakal calon DPD.

Bawaslu, kata dia, siap menerima laporan masyarakat dan akan menindaklanjutinya dalam proses penanganan pelanggaran.

“Bawaslu akan mencermatinya dan akan menindaklanjuti dalam proses penanganan pelanggaran, dalam hal ini dengan melakukan kajian awal,” ujar Jamrin.

Saat ini, lanjut dia, pemilihan umum sudah memasuki tahapan pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota DPD. Pada tahap ini, kata dia, bakal calon DPD harus memenuhi syarat dukungan minimal agar bisa lolos ke tahap selanjutnya.

“Setiap bakal calon DPD diminta untuk mengumpulkan syarat dukungan pemilih dengan menyertakan data dan identitas dari pemilih yang bersedia memberikan dukungannya,” katanya.

Dalam tahap ini, kata dia, Bawaslu Sulteng mengambil langkah pencegahan terhadap potensi pencatutan nama yang dilakukan oleh bakal calon DPD, dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melaporkan kepada Bawaslu setempat jika terdapat nama yang dicatut sebagai pendukung bakal calon DPD.*/TIN 

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Bakal Calon DPD Bisa Dipidana Bila Catut Nama Pemilih

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us