, HAWA.ID  – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Rasyid Baswedan mengaku tiba di , ibarat datang di kampung halamannya sendiri.

“Dan memang kalau datang ke , rasanya seperti datang di kampung halaman sendiri,” ujar Baswedan saat berziarah ke makam Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri di Masjid Alkhairaat, Jalan Sis Aljufri, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Kamis (24/11/2022).

tak menyangka ribuan masyarakat menyambutnya saat tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, hingga tiba ke makam pendiri Alkhairaat sebab masyarakat di sepanjang jalan menyapa dan menyalaminya.

Tiba di makam pendiri Alkhairaat, Anies disambut rebana, sholawat serta antusiasme pendukungnya dan diterima Ketua MUI Kabupaten Sigi Habib Ali bin Hasan Aljufri, Habib Hasan Al-habsyi serta Sofyan Bachmid.

Anies kemudian diantar menuju makam pendiri Alkhairaat Habib Idrus Bin Salim Aljufri berada di belakang kompleks Masjid Alkhairaat, lalu membaca sholawat dan berdoa. Ia juga menyempatkan berdoa di makam almarhum Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayyid Saggaf bin Muhammad Aljufri.

Anies Baswedan sangat bersyukur bisa kembali ke Kota Palu. Terakhir, dirinya datang ke Palu tiga tahun lalu, dan diantar Allahuyarham Habib Saggaf Aljufri .

“Itu menjadi ziarah terakhir perjumpaan kami,” ucap Anies.

Tapi Insya Allah kata Anies, bahwa semua perjuangan mereka lakukan, akan mereka teruskan. Dan dirinya sudah beberapa kali datang ke Palu.

Scroll untuk melanjutkan

“Insya Allah dari Palu kita kirimkan pesan perubahan untuk ,” sebutnya.

Ia menambahkan, di tempat ini (masjid Alkhairaat) dimakamkan seorang yang jasanya tidak pernah dilupakan untuk pendidikan dan kemerdekaan di . Olehnya ia meminta doa kepada semua yang hadir, mohon doanya amanat dan kebaikan ini. Amanat yang besar, didoakan supaya tidak menjadi berat.

“Amanat ini besar. Doakan agar Ridha Allah SWT mengiringi, sehingga dia menjadi ringan dengan begitu insya Allah yang kita inginkan, kita inginkan yang lebih adil, Indonesia setara dan seperti di rumah kita sendiri, tidak seperti menumpang di rumah orang lain,” menyudahi.

Pada malam hari, Anies menghadiri gala dinner Munas KAHMI di Best Western, dan memberikan orasi kebangsaan. Di luar acara Munas KAHMI, Anies akan menghadiri beberapa kegiatan bersama para pendukungnya.

Rencananya, siang ini usai salat Jumat, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan membuka Munas KAHMI. 

Setelah pembukaan, panitia akan menggelar seminar di ruangan Munas XI KAHMI. Berdasarkan jadwal yang diterima dari panitia, seminar pertama pada 25 November 2022, dengan tema “Peran Strategis Ummat dalam Membangun Peradaban Baru”.MAL/LIA