Komisi I DPRD Sulteng Bahas Raperda Kerja Sama Daerah

featured
Komisi I DPRD Provinsi Sulteng menggelar Fokus Group Discussion ( FGD) Rancangan Peraturan Daerah Sulteng tentang kerja sama Daerah (Foto: Ist.)
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, MERCUSUAR – Komisi I Provinsi menggelar Fokus Group Discussion ( FGD) Rancangan Peraturan Daerah tentang kerja sama Daerah pada Selasa ( 10/10/23).

FGD yang  difasilitasi  Bagian Persidangan dan Perundang Undangan, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I Hj Wiwik Jumatul Rofi'ah, S.Ag MH   didampingi  dua anggota Komisi I lainnya, masing masing Ir. Elisa Bunga Allo, MM dan Drs Enos Pasua, dengan menghadirkan instansi teknis terkait, dari Biro Hukum,  Biro Pemerintahan, Kemenkumham, dan juga  tenaga ahli Bapemperda Dr Asri Lasatu SH, MH dan tim  Tenaga Ahli   yang lagi di godok saat ini yakni  Dr Imran SH, MH.

Dalam FGD  tersebut ada sejumlah yang mengemuka dan menjadi masukan bagi penyusunan rancangan selanjutnya, mulai dari kata pengantar, soal dasar hukum, pengaturan, skema kewenangan daerah,  skema kedudukan dan fungsi   Dalam sistem Hukum nasional, soal judul juga termasuk yang di kritisi.

Dalam FGD tersebut juga  berkembang  soal isu norma, dan aspek kehidupan terlalu jauh dan juga sempat terjadi adu argumen antara pihak penyusun dan dari Biro Hukum Pemprov yang mengatakan, Raperda tentang kerja sama daerah tidk diperlukan karena urusan kerja sama sudah diatur dalam Permendagri maupun dalam.peraturan pemerinta (PP).

Mendengar hal tersebut, tim penyusun langsung angkat bicara dan menjelaskan bahwa  tetap sangat diperlukan untuk mengatur secara teknis tentang  bentuk kerja sama daerah, untuk kepentingan  dan kesejahteraan masyarakat Sulteng.

Wiwik juga kemudian mencontohkan Sulsel pernah punya pengalaman, ada bantuan Ambulance dari Jepang, tetapi karena tak ada kerja sama terkendala. ” Nah kita memulainya dan yakin Perda ini Insya Allah bermanfaat untuk kesejahteraan.masyarakat kita,” jelasnya.

FGD kemudian ditutup mendengarkan sejumlah masukan dan beberapa pandangan dari forum.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Komisi I DPRD Sulteng Bahas Raperda Kerja Sama Daerah

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us