Kamboja, .ID – Tim berhasil mencatatkan gemilang di Asean Para Games 2023 Kamboja dengan meraih pertama dalam nomor beregu bulu tangkis. Tim Merah Putih berhasil membalik posisi dan mengalahkan Malaysia dengan skor akhir 2-1 pada partai final yang berlangsung di Morodok Techo Badminton Hall pada Sabtu (3/6).

Pelatih kepala tim pelatnas bulu tangkis National Paralympic Committee (NPC) , Jarot Hernowo, memberikan apresiasi atas yang diraih oleh timnya.

“Alhamdulillah, tim ini menyumbang raihan pertama bagi . Strategi tim dan motivasi atlet menjadi kunci keunggulan pada nomor beregu ini.” kata Jarot.

Pertandingan dimulai dengan Fredy Setiawan (SL4) sebagai tunggal pertama Indonesia yang harus menghadapi Mohd Amin Burhanuddin. Meskipun Fredy memimpin pada game pertama dengan skor 21-19, Mohd Amin berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan unggul 21-19 pada game kedua. Pada game ketiga, Mohd Amin tetap mengendalikan permainan dan mengakhiri perlawanan Fredy dengan skor 21-18.

Namun, situasi yang tidak menguntungkan tersebut memotivasi ganda andalan Indonesia, Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5) dan Hary Susanto (SL4), untuk tampil lebih baik. Mereka menunjukkan dominasi pada pertandingan kedua dan berhasil mengalahkan ganda Malaysia, Muhamad Zulfatihi (SL4) dan Muhammad Fareez (SU5), dalam dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-16.

Pada laga ketiga yang menjadi penentu kemenangan, tunggal kedua Dheva Anrimusthi (SU5) tampil luar biasa dengan memenangi pertarungan dua set melawan lawannya, Amyrul Yazid, dengan skor 21-13 dan 21-8.

Scroll untuk melanjutkan

“Awalnya kami ingin mengambil kemenangan 2-0 langsung di partai final. Tapi situasi di lapangan, berbeda. Fredy kalah dan Indonesia harus mengambil poin di dua nomor terakhir.” ungkap Nurrachman

Dengan raihan dalam nomor beregu ini, Jarot Hernowo menambahkan bahwa ini akan menjadi motivasi bagi 23 pebulutangkis tim Indonesia yang akan berkompetisi dalam nomor perorangan yang dimulai pada Minggu (4/6).

Tim bulu tangkis Indonesia, yang dikawal oleh manajer Sapta Kunta Purnama, menargetkan untuk memperoleh delapan medali emas, empat perak, dan enam perunggu pada Asean Para Games 2023 Kamboja yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 9 Juni 2023.

Jarot Hernowo berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi positif bagi semua atlet untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka demi meraih prestasi terbaik pada pertandingan nomor-nomor individual.

“Semoga menjadi pemacu positif bagi seluruh atlet untuk mengeluarkan kemampuan maksimal demi meraih prestasi terbaik pada pertandingan nomor-nomor individual,” ujar Jarot Hernowo dengan harapan yang tinggi.