Bawaslu Sulteng Gandeng Kelompok Disabilitas 

featured
Anggota Bawaslu Sulteng Nasrun berikan materi penguatan pemahaman tentang kepemiluan kepada kelompok disabilitas, Kamis (23/02/2023).FOTO : HUMAS BAWASLU SULTENG
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

, HAWA.ID – Dalam rangka meningkatkan partisipasi dan penguatan pengawasan pemilu kepada kelompok masyarakat, anggota Bawaslu Sulteng Nasrun berikan materi penguatan pemahaman tentang kepemiluan kepada kelompok , Kamis (23/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut Nasrun paparkan beberapa hak-hak kelompok disabilitas dalam kontestasi pemilu 2024 mendatang. 

Menurutnya, ada beberapa hak disabilitas dalam rangka terlibat mensukseskan pemilu 2024. Pertama berhak atas pendataan khusus, kedua berhak dalam mendapatkan sosialisasi terkait kepemiluan, tentunya sesuai dengan kebutuhan khusus dari disabilitas, seperti adanya fasilitator Bahasa isyarat tangan, tulisan huruf braille, atau berbagai metode sosialisasi lainnya sesuai kebutuhan.

Ketiga kata Nasrun, mendapatkan Tempat Pemungutan Suara () yang sesuai untuk memudahkan disabilitas saat berada di . Keempat mendapatkan khusus terutama dengan huruf braille bagi penyandang tunanetra. Terakhir disabilitas berhak mendapatkan pendampingan khususnya bagi penyandang tunadaksa. 

“Ada beberapa desain Pemilu 2024 yang diharapkan ramah disabilitas diantaranya memastikan regulasi Pemilu yang ramah disabilitas, melakukan pengawasan langsung terhadap pendaftaran ,” ujarnya. 

Selain itu kata dia, melakukan sosialisasi sadar terhadap penyandang disabilitas, mengajak lembaga, yayasan sosial dan aktivis penyandang disabilitas untuk ikut melakukan pengawasan pemilu, melakukan rekomendasi, saran perbaikan kepada KPU terkait tahapan Pemilu yang bersinggungan langsung terhadap penyandang disabilitas, dan terakhir yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum tentang kesetaraan hak pilih bagi penyandang disabilitas.

Dihadapan peserta yang merupakan komunitas atau kelompok organisasi difabel Kota , nasrun juga mengajak untuk terlibat secara bersama dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilu. 

“Kegiatan pengawasan Pemilu merupakan upaya kontrol dari masyarakat untuk menjaga proses Pemilu, sehingga Bawaslu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam aktivitas pengawasan, mohon kita bersama-sama memberikan informasi dalam rangka membantu kami di Bawaslu untuk menjamin hak pilih bapak/ibu dan kita semua,” ujarnya.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Bawaslu Sulteng Gandeng Kelompok Disabilitas 

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us