APK Menjamur, Bawaslu Sulteng Surati Parpol

featured
NASRUN
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, MERCUSUAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi mengaku telah melakukan langkah pencegahan, salah satunya dengan mengirimkan surat imbauan kepada partai politik perihal pemasangan alat peraga sosialisasi.

Surat imbauan itu berisi larangan pemasangan alat peraga, sebagaimana diatur dalam pasal 69 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023.

Langkah pencegahan ini dilakukan menyikapi maraknya alat peraga sosialisasi bakal calon legislatif (bacaleg) yang bertebaran di banyak titik di wilayah Provinsi .

“Kami berharap agar imbauan yang sudah dilayangkan oleh Bawaslu kepada partai politik menjadi acuan semua kadernya yang menjadi bakal calon legislatif agar mematuhi dan tunduk kepada aturan yang berlaku,” ujar Ketua Bawaslu , Nasrun, Rabu (02/08).

Lebih lanjut Nasrun mengatakan, imbauan tersebut juga berisi pengaturan terhadap alat peraga yang ditempatkan pada tempat-tempat terlarang, sesuai Pasal 71 PKPU 15 Tahun 2023 yakni tempat ibadah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, tempat yang meliputi gedung dan/atau halaman sekolah dan/atau perguruan tinggi.

“Kemudian gedung milik pemerintah, fasilitas tertentu milik pemerintah, dan fasilitas lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum, termasuk halaman, pagar, dan/atau tembok, termasuk fasilitas TNI/Polri, BUMN/BUMD,” urainya.

Selain itu, lanjut dia, dalam imbaun yang dikirim kepada partai politik, Bawaslu juga menekankan untuk melakukan sosialisasi dan politik di internal dengan metode pemasangan bendera partai politik peserta Pemilu dan nomor urutnya dan pertemuan terbatas, dengan memberitahukan secara tertulis kepada KPU sesuai tingkatannya dan Bawaslu sesuai tingkatnya paling lambat satu hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

“Dalam kegiatan sosialisasi dan politik, partai politik peserta pemilu dilarang memuat unsur ajakan dan mengungkapkan citra diri, identitas, ciri-ciri khusus atau karakteristik partai politik dengan menggunakan metode penyebaran bahan kepada masyarakat umum; pemasangan alat peraga pemilu di tempat umum atau , yang memuat tanda gambar dan nomor urut partai politik peserta Pemilu di luar masa kampanye,” pungkasnya.LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
APK Menjamur, Bawaslu Sulteng Surati Parpol

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us