Ratna Dewi Pettalolo, Demokrasi Tanpa Perempuan Akan Hampa

featured
Dewi Pettalolo
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

JAKARTA, HAWA.ID – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Ratna Dewi Pettalolo mengajak aktif dalam penguatan demokrasi di . Salah satunya dengan memenuhi keterwakilan 30% di parlemen maupun jabatan publik lainnya.

Ajakan tersebut disampaikan Ratna Dewi Pettalolo dalam kegiatan Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/12/2022).

“Demokrasi tidak ada apa-apanya tanpa kehadiran perempuan, akan terasa hampa,” tegas Ratna Dewi Pettalolo.

Langkah pertama yang harus dilakukan, sambung perempuan asal Palu, Sulawesi Tenggara ini, mengidentifikasi masalah perempuan. Hal ini diperlukan karena memiliki posisi yang lemah dibanding laki-laki.

“Ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu perbaikan di internal maupun bagaimana melakukan advokasi hal-hal yang bersumber dari eksternal perempuan,” sambungnya.

Dalam konteks kepemiluan, Ratna Dewi menambahkan, perempuan harus berani menolak jika hanya dijadikan pelengkap untuk memenuhi keterwakilan 30% tersebut. Perempuan harus ditempatkan pada posisinya kunci.

“Perempuan juga harus mempunyai spirit yang kuat, perempuan perlu dukungan dari partai sehingga perempuan mampu menyentuh partai dan tidak menjadi seperti pajangan atau aksesoris saja,” ujarnya.

Dengan semangatnya, perempuan harus siap berkontestasi berpartisipasi sebagai peserta, penyelenggara, maupun mendobrak sekat-sekat yang melemahkan kaumnya sendiri.

“Sekat-sekat ini harus dihapus agar perempuan dalam pemilu leluasa baik sebagai peserta, , maupun penyelenggara,” pungkas Anggota Bawaslu RI periode 2017-2022 ini.*/TIN

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Ratna Dewi Pettalolo, Demokrasi Tanpa Perempuan Akan Hampa

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us