Pemkot dan DPRD Palu Setujui Raperda Penyertaan Modal Daerah BUMN

featured
DPRD Kota Palu menggelar Rapat Paripurna, dengan agenda Pendapat akhir Walikota atas Rancangan Peraturan daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal Daerah kepada BUMD, Kamis (24/11/2022).FOTO : IST
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, HAWA.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu menggelar Rapat Paripurna, dengan agenda Pendapat akhir Walikota atas Rancangan Peraturan daerah () tentang Penyertaan Modal Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua II DPRD, Rizal Dg Sewang, dilaksanakan di Ruang Sidang Utama DPRD, Kamis (24/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Palu, menyampaikan, bahwa berdasarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD yang telah menerima dan menyetujui tersebut untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah dengan beberapa catatan, saran dan masukan guna perbaikan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi yang telah menerima tersebut.

“Dapat kami sampaikan bahwa rancangan peraturan daerah Kota Palu tentang penyertaan modal daerah kepada BUMD tersebut telah dilakukan fasilitasi oleh Gubernur Sulawesi Tengah,” kata Wawali.

Menurutnya, berdasarkan ketentuan dalam pasal 88 ayat (1) Peraturan dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 120 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan.

Wawali menambahkan, produk hukum daerah yang mengamanatkan bahwa fasilitasi dilakukan terhadap Raperda sebelum mendapat persetujuan bersama antara pemerintah daerah dengan DPRD berdasarkan hasil fasilitasi Gubernur , melalui surat Gubernur perihal hasil fasilitasi Raperda Kota Palu. Yang menyebutkan bahwa Raperda tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, kepentingan umum dan atau kesusilaan dengan beberapa catatan rekomendasi, guna perbaikan Raperda tersebut untuk diproses selanjutnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kata Wawali, dalam proses pembahasan Raperda, banyak menguras tenaga dan pikiran semua pihak terkait. Namun, dia menilai bahwa semuanya itu sangat mulia dan patut kita hargai serta hormati sebagai wujud pengabdian yang menjadi amanah bagi kita semua.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia khusus DPRD Kota Palu yang telah memberikan pokok-pokok pikiran yang sangat cerdas dan berharga dalam pembahasan rancangan peraturan daerah kota palu tentang penyertaan modal daerah kepada BUMD, guna penyempurnaan, baik materi maupun bentuk penyusunannya. Sehingga pada akhirnya Raperda tersebut dapat disetujui bersama,” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatangan berita acara Raperda oleh Wakil Walikota dan Wakil Ketua II DPRD kota Palu.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Pemkot dan DPRD Palu Setujui Raperda Penyertaan Modal Daerah BUMN

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us