KPU Kota Palu Bersih-Bersih Data

featured
Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palu, melaksanakan Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang telah berjalan sejak Februari 2021 hingga September 2022. FOTO : HUMAS KPU PALU
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, HAWA.ID – Komisi Pemilihan Umum () kota Palu, melaksanakan Pemuktahiran Data Berkelanjutan (DPB)  yang telah berjalan sejak Februari 2021 hingga September 2022. 

Inisiasi tersebut dilaksanakan secara berjenjang mulai dari , Provinsi, KPU Kab/Kota melalui Forum Koordinasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pertiga bulan dengan mengundang stakeholder terkait yang hasil akhirnya diumumkan melalui media , media social dan papan pengumuman di kantor KPU.

Komisioner KPU Palu Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Idrus, kegiatan tersebut juga menjadi ajang bersih bersih data oleh KPU  yang turut melibatkan berbagai stakeholder terkait. Hasilnya data per Agustus 2022, terdapat 229.017 Data Pemilih Berkelanjutan. Untuk Pemilih juga melebihi jumlah Pemilih Laki Laki yakni 116.859 dan 112.158. 

Bersih bersih data tersebut juga  memvalidasi 1019 Pemilih secara langsung di lapangan dengan target 4 hari kedepan yang dimulai pada tanggal 12 September hingga 15 September 2022. 

“yang menarik pada bulan September ini, kami sedang melakukan bersih bersih data dengan melibatkan unsur , dan seluruh satuan di KPU Kota Palu yakni Validasi Data Pemilih Berkelanjutan sekitar 1019 Pemilih, validasi pada elemen data dimana NIK Aktif namun dimiliki oleh lebih dari satu orang, sehingga perlu dipastikan pemilik asli NIK tersebut,” jelas idrus.

Selain itu kata Idrus, ada juga temuan lainnya, yaitu pemilih yang “Typo” pada data di KPU Palu. Typo tersebut diyakni adanya kekeliruan saat pengetikan atau penulisan  yang sifatnya tidak disengaja oleh pendahulu,yaitu pantarlih maupun PPK dan PPS.

Ketidak sengajaan penulisan NIK dan nama. Kekeliruan tersebut bisa saja terjadi pada siapapun  yang melakukan olah data.

“ Misalya pada  16 NIK bisa saja mengetik angka 1, Ketika konsentrasi yang kurang dan waktu yang deadline, sehingga yang ditekan adalah angka 2,“ ujarnya.

Dari plaksanaan bersih bersih data tersebut diharapkan KPU Palu Memiliki data yang benar-benar valid sehingga data DPB yang prosesnya selesai dibulan September 2022.

Kemudian akan dilanjutkan  penyandingan dengan DP4 di Tahapan Pemutakhiran data tanggal 14 Oktober 2022 dan seterusnya. Bersih bersih DPB dibulan September untuk persiapan  disandingkan dengan DP4  akan mempermudah kerja kerja penyusunan data pemilih  kedepannya.*/LIA 

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
KPU Kota Palu Bersih-Bersih Data

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us