Kinerja ATR/BPN Belum Sebaik Fasilitasnya

featured
IQBAL ANDI MAGA
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

PALU, .ID – Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulawesi Tengah, M Iqbal Andi Magga, SH.,MH menyatakan, saat ini di Ombudsman juga tercatat laporan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik institusi Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Termasuk di Sulteng. Layanan publik di sektor agraria belum sesuai harapan masyarakat. Keluhan dan aduan masyarakat terhadap ATR/BPN masih signifikan,”kata Iqbal kepada wartawan, Rabu (11/1/2023) di Palu.

Menurut Iqbal, dari segi ketersediaan fasilitas kerja lembaga, dapat dikatakan ATR/BPN paling memenuhi standar fasilitas pelayanan publik. Tapi sayang, kinerjanya atas aduan masyarakat belum sebaik fasilitasnya.

“Perlu perbaikan manajemen pada ATR/BPN dalam menerbitkan sertifikat. Terutama manajemen pengukuran dan perhitungan titik koordinat sebuah lokasi,”harap Iqbal menyarankan. 

Menurutnya, ini sebagai dukungan kepada Gubernur Sulteng yang meminta ATR/BPN melakukan pembenahan terhadap dinamika pertanahan di Sulteng. Di saat ini, sedang berlangsung mediasi oleh soal sengketa lahan  antara beberapa perusahaan sawit.

“ini salah satu gambaran masih carut marutnya soal hak kepemilikan dan batas batas kepemilikan lahan di Sulteng. Baik lahan pribadi maupun lahan utk kepentingan ,” ujarnya.

Seharusnya kata Iqbal, dibentuk tim terpadu untuk melakukan evaluasi batas dan hak keperdataan sebagai bentuk tanggung jawab daerah, mendukung investasi yang ada dan akan ada di Sulteng.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Kinerja ATR/BPN Belum Sebaik Fasilitasnya

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us