Ini Tiga Jenis Uang Logam yang Ditarik oleh Bank Indonesia

featured
BI Mulai Menarik tiga pecahan uang logam. FOTO : IST
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

, HAWA.ID – Sejak 1 Desember 2023, Indonesia (BI) telah mengeluarkan untuk mencabut dan menarik sejumlah uang rupiah logam dari peredaran. Keputusan ini diambil berdasarkan Peraturan Indonesia (PBI) No. 14 Tahun 2023, yang menetapkan pencabutan pecahan tertentu, yaitu Rp 500 tahun emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997. Oleh karena itu, mulai tanggal tersebut, uang rupiah logam tersebut tidak lagi dianggap sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Erwin Haryono, Direktur Eksekutif dan Kepala Departemen Komunikasi BI, menyatakan bahwa keputusan ini didasarkan pada pertimbangan seperti masa edar yang sudah cukup lama dan kemajuan bahan atau material uang logam. Pernyataan ini disampaikan melalui keterangan resmi pada Jumat (1/12).

Bagi masyarakat yang masih memiliki uang rupiah logam yang dicabut tersebut, mereka dapat menukarkannya di umum mulai 1 Desember 2023 hingga 1 Desember 2033, atau dalam kurun waktu 10 tahun setelah tanggal pencabutan. Nilai yang diterima oleh masyarakat akan sesuai dengan nilai nominal yang tertera pada uang rupiah logam yang dimaksud. Proses penukaran dapat dilakukan baik di kantor pusat maupun kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia.

Baca Juga

Untuk memudahkan proses penukaran, masyarakat dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR, yang dapat diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id. Panduan mengenai jadwal operasional dan layanan publik BI dapat ditemukan di situs tersebut.

Dalam hal uang rupiah logam mengalami kerusakan, BI akan menggantinya sesuai dengan ketentuan PBI terkait pengelolaan uang rupiah. Jika fisik uang rupiah logam lebih besar dari setengah ukuran aslinya dan masih dapat diakui keasliannya, penggantian dapat dilakukan sebesar nilai nominal yang ditukarkan. Namun, jika fisik uang rupiah logam sama dengan atau kurang dari setengah ukuran aslinya, BI tidak dapat menggantinya.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Ini Tiga Jenis Uang Logam yang Ditarik oleh Bank Indonesia

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us