, HAWA.ID – Kasus kekerasan oleh anak semakin banyak terjadi akhir-akhir ini. Tak jarang kita mendengar yang masih duduk di bangku dasar bahkan di taman kanak-kanak melakukan tindakan kekerasan kepada teman sebayanya. Sebagai Orangtua kita harus proaktif dalam mencegah anaknya menjadi pelaku kekerasan dan harus melakukan yang tepat untuk anaknya.

Berikut adalah beberapa tips parenting agar tidak gemar berlaku kasar:

  1. Memberi contoh yang baik

Orangtua harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Jangan sampai orangtua melakukan kekerasan di atau di depan anak-anak. Anak akan meniru apa yang dilihat dan didengar di .

  1. Ajarkan empati

Anak-anak harus diajarkan untuk memahami perasaan orang lain dan mencoba memasuki situasi orang lain. Orangtua dapat memberikan contoh sederhana seperti meminta anak untuk memikirkan bagaimana temannya akan merasa jika ditindas atau diabaikan.

  1. Bicara dengan anak

Orangtua harus sering berbicara dengan anaknya. Tanyakan tentang perasaan mereka dan cobalah untuk memahami sudut pandang anak. Dengan begitu, anak akan merasa didengar dan dipahami oleh orangtuanya.

Scroll untuk melanjutkan
  1. Terapkan aturan yang jelas dan konsisten

Anak perlu tahu apa yang diharapkan dari mereka. Terapkan aturan yang jelas dan konsisten di . Jelaskan pada anak konsekuensi dari perilaku buruk dan jangan lupa memberikan pujian jika anak melakukan hal yang baik.

  1. Tanamkan nilai-nilai positif

Orangtua harus memperkenalkan nilai-nilai positif kepada anak sejak dini, seperti sopan santun, kerja keras, kejujuran, dan empati. Hal ini akan membantu anak untuk membangun karakter yang baik dan menghindari perilaku kasar.

Orangtua harus melakukan yang positif dan proaktif agar anak tidak hobi berlaku kasar. Dengan memberikan contoh yang baik, mengajarkan empati, berbicara dengan anak, menerapkan aturan yang jelas dan konsisten, serta menanamkan nilai-nilai positif, orangtua dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi individu yang baik dan bertanggung jawab.**