PALU, HAWA.ID Ketua Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Tengah (Bawaslu ), Nasrun menyarankan agar Komisi Pemilihan Umum () untuk segera mengganti rusak yang ditemukan di beberapa daerah di .

menurutnya, surat suara rusak hampir ditemukan di seluruh daerah di Sulteng

“Potensi kerusakan bisa diakibatkan cacat pabrik seperti saat di print ada tinta yang mengenai kolom nama, kolom foto. Kemungkinan kerusakan terjadi saat pendistribusian dari tempat percetakan,” kata Nasrun, Selasa (16/1/2024).

Dia menambahkan, jumlah kerusakan surat suara di 13 kabupaten/ se-Sulawesi Tengah bervariasi. 

“Bisa dicek di terkait dengan volumenya karena itu ada Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu hanya melakukan pengawasan terkait sortir lipat,” ujar Nasrun. 

Scroll untuk melanjutkan

Dia mengimbau untuk segera melaporkan kerusakan surat suara untuk pergantian.

“Kami berharap di waktu-waktu sekarang sudah menghitung distribusi logistik ke depan, kalau memang ada yang rusak, segera dilakukan pengantian. Dan proses penggantian menghitung waktu proses distribusi apalagi yang berada di daerah terpencil dan terjauh, belum lagi cuaca yang belakangan tidak bersahabat,” jelas Nasrun. 

Menurutnya, distribusi Logistik ke paling lambat H-7 sebelum Voting Day

“Kalau H-5 distribusi pulau yang terjauh atau daerah terpencil maka harapannya sudah harus bergerak, jadi pola distribusinya yang didistribusikan membutuhkan waktu yang banyak sehingga didahulukan wilayah terjauh,” ucap Nasrun.LIA