Kontur Tanah Menurun, Pondasi Masjid DPRD Sulteng Retak

featured
Kontur Tanah Menurun,Pondasi Masjid DPRD Sulteng Retak, BPK Rekomendasi Perbaikan. FOTO : IST
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

, .ID – DPRD Sulteng memutuskan untuk menunda pekerjaan lanjutan pembangunan Masjid di Kompleks Gedung DPRD Sulteng.

Pekerjaan lanjutan sedianya akan dimulai namun terjadi penurunan kontur tanah yang menyebabkan keretakan pondasi. Pihak DPRD Sulteng memerintahkan kontraktor pelaksana segera melakukan perbaikan.

Sekretaris DPRD Sulteng, Siti Rachmi Amir Singi mengatakan, keretakan pondasi bukan akibat kelalaian atau kesengajaan, melainkan faktor alam yakni terjadinya penurunan kontur tanah di area pembangunan Masjid.

“Ketika pekerjaan lanjutan mau dimulai, terdapat keretakan pada struktur pondasi masjid, sehingga oleh DPRD menunda melanjutkan pembangunan untuk menguji kelayakan dan mutu bangunan tersebut lebih dulu,” ujar Sekwan, Jumat 26 Mei 2023.

Sekretariat DPRD kemudian meminta bantuan tenaga Ahli dari untuk menguji bangunan Masjid tersebut.
“Hasil uji tenaga Ahli, keretakkan pondasi itu bukan karena kualitas material maupun kelalaian, melainkan adanya penurunan kontur tanah,” jelasnya.

Oleh tenaga Ahli merekomendasikan agar dilakukan perbaikan terlebih dulu sebelum dilaksanakan pekerjaan lanjutan.

Atas rekomendasi itu, Sekretariat kemudian berkoordinasi dengan BPK Perwakilan Sulteng.
“Hasil koordinasi, BPK merekomendasikan dilakukan perbaikan serta melibatkan pihak Cikasda dalam melakukan pengawasan. Termasuk pengawasan saat pembangunan lanjutan nanti,” kata Sekwan.

Dasar rekomendasi itu, Sekwan kemudian memerintahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Sony, agar memerintahkan pihak kontraktor memperbaiki pondasi masjid tersebut.
Sementara Sony menambahkan, perbaikan masjid itu memang masih menjadi tanggungjawab pihak ketiga, karena masih dalam tahap pemeliharaan.

“Pembangunan masjid ini dilakukan dua tahap, tahap pertama tahun 2022 dan tahap kedua tahun 2023. Antara tahap pertama dan tahap kedua, kontraktornya berbeda,” terangnya.
Jika perbaikan oleh kontraktor tahap pertama sudah selesai, lanjut Sony, maka pekerjaan lanjutan tahap dua baru bisa dilaksanakan.

Aktifnya masyarakat dalam mengontrol pekerjaan masjid tersebut juga di apresiasi oleh Sekwan. Dengan begitu, pengawasan internal DPRD akan makin diperketat.*/LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
Kontur Tanah Menurun, Pondasi Masjid DPRD Sulteng Retak

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us