PALU, HAWA.ID – KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengumumkan hasil verifikasi administrasi (Vermin) akhir dokumen bakal calon anggota DPRD dan bakal calon anggota DPD Provinsi Sulteng, Minggu (6/8/2023).

Dari total 17 peserta 2024 di tingkat Provinsi Sulteng, hanya ada dua partai politik () yang dinyatakan 100 persen alias seluruh bacaleg yang diajukan ke KPU Provinsi Sulteng Memenuhi Syarat (MS). Kedua tersebut adalah Partai Gerakan Raya (Gerindra) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Dari total 882 bacaleg, hanya 711 yang MS dan sisanya 171 dinyatakan TMS.

“Jadi hanya dua parpol yang mengantarkan seluruh bakal calon anggota DPRD provinsi yang diajukan 100 persen MS,” kata Ketua KPU Provinsi Sulteng, Cristian A Oruwo pada pelaksanaan penyerahan berita acara hasil verifikasi administrasi akhir dokumen bakal calon anggota DPRD dan bakal calon anggota DPD Provinsi Sulteng, di aula KPU Provinsi Sulteng.

DPD Partai Gerindra Sulteng mengajukan 55 Bacaleg, terdiri dari 32 Bacaleg laki-laki dan 23 Bacaleg perempuan. Sementara DPD Partai Hanura Sulteng juga mengajukan 55 Bacaleg, terdiri dari 37 Bacaleg laki-laki dan 18 Bacaleg perempuan.

Sedangkan parpol yang masih tercatat memiliki Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 15 parpol, yaitu PKB,  PDI-P, Partai , Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat (Gelora).

Scroll untuk melanjutkan

Selanjutnya,  , PKN, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai , Partai Solidaritas , Partai Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Cristian Oruwo menjelaskan, berdasarkan hasil rekap yang tercatat hanya ada dua parpol yang meloloskan 100 persen  Bacalegnya atau Memenuhi Syarat (MS) pada Vermin akhir.

Namun bagi parpol yang belum mencapai 100 persen MS bagi Bacalegnya, di masa pencermatan ini yang dimulai hari ini, Ahad (6/8/2023) hingga Jumat (11/8/2023), dapat melakukan penggantian.

“Jadi tanggal 6 sampai 11 Agustus, kita verifikasi lagi dokumen-dokumen penggantian,” ujarnya.

Sehingga, jumlah Bacaleg yang diajukan parpol di suatu Dapil, DCS parpol tersebut tetap sama jumlahnya.TK/*LIA