HAWA.ID, PALU – Virus korona kembali menyerang warga Kota Palu, Sulawesi Tengah. Data terkini menunjukkan, seorang balita berusia 11 bulan dinyatakan positif -19 dan saat ini sedang dirawat di RSU Anutapura Palu.

Terkait kembalinya virus corona di Kota Palu, mengingatkan masyarakat agar tidak menganggap enteng, tapi harus tetap waspada.

“Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi kami mengimbau warga agar kembali menerapkan protokol kesehatan yang pernah kita lakukan seperti sebelumnya,” imbau Senior Volunteer Andi Mulhanan Tombolotutu.

Menurut , data secara nasional sejak November hingga Desember 2023 ini, tercatat sekitar 267 pasien yang dirawat karena positif -19 varian baru.

Roa Jaga Roa menyebut, ada kenaikan jumlah pasien terpapar -19 varian baru.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, pada Desember 2023 ini, tercatat sebanyak 35-40 orang dinyatakan positif Covid-19 varian baru setiap harinya.

Scroll untuk melanjutkan

“Covid-19 varian baru itu, memicu tingkat transmisi atau penularan lebih cepat dan lebih mudah menginfeksi kepada setiap orang,” kata Mulhanan Tombolotutu.

Gejala yang dialami pasien Covid-19 varian baru ini mirip dengan gejala pneumonia yang merebak di . Gejala awal yang paling umum adalah batuk dan pilek.

“Maka sebaiknya kita kembali bermasker dan mengurangi aktivitas yang terlalu sering di luar rumah. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

Terkait itu, Roa Jaga Roa yang bermarkas di Kompleks Radio Nebula, Jalan Rajawali 28 Palu, akan aktif kembali untuk bersama-sama pemerintah melakukan edukasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.**