HAN 2023: Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Ini Makna dan Sejarahnya

featured
Hari Anak Nasional 2023 Anak Terlindungi Indonesia Maju. FOto : Ist
service
Bagikan

Share This Post

or copy the link

23 Juli 2023 – Indonesia merayakan Hari Anak Nasional (HAN) dengan semangat baru di tengah tema yang menggema, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju.”

Peringatan tahunan ini diangkat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak dan peran pemerintah dalam mewujudkannya. Anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa, memiliki hak-hak asasi manusia yang harus dihormati dan dilindungi oleh semua pihak.

Peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia

Peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia memiliki panjang yang dimulai pada tahun 1954. Pada tanggal 23 Juli 1954, Hari Anak Nasional pertama kali dirayakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-10. Momentum bersejarah ini menjadi panggung bagi Soekarno untuk memberikan perhatian khusus kepada anak-anak Indonesia.

Soekarno pada tahun 1954 menyampaikan pidato yang menggambarkan pentingnya peran anak sebagai amanah dari Tuhan yang harus dijaga dan dilindungi.

“Anak adalah amanah dari Tuhan yang harus kita jaga dan lindungi.” tegas Soekarno pada perayan itu.

Pidato tersebut menjadi tonggak awal peringatan HAN di Indonesia dan menandai komitmen awal pemerintah untuk melindungi hak-hak anak.

Pada peringatan Hari Anak Nasional tahun sebelumnya, yaitu tahun 2022, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato yang membangkitkan semangat untuk melindungi anak-anak Indonesia.

Ma;ruf Amin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan maju dengan memberikan perlindungan yang sepenuhnya kepada anak-anak.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan maju dengan melindungi anak-anak Indonesia,” kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ini menjadi pengingat betapa pentingnya peran bersama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Tema Hari Anak Nasional tahun 2023, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” mencerminkan tekad pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menjaga hak-hak anak sebagai salah satu fondasi utama bagi kemajuan bangsa.

Hak anak untuk hidup, tumbuh, dan berkembang secara sehat dan sejahtera harus menjadi perhatian bersama. Melalui tema ini, semua pihak dapat mengambil peran dalam melindungi anak-anak dari berbagai bentuk , eksploitasi, dan diskriminasi.

Perlindungan anak bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tugas bersama seluruh masyarakat.

Perlindungan anak sebagai investasi jangka panjang bagi pembangunan bangsa. Anak-anak yang terlindungi dengan baik akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas, sehat, dan produktif, mampu memajukan Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak dan hak-hak mereka.

Dengan kesadaran yang tinggi dan kerja sama yang kuat, Indonesia dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dan sejahtera untuk anak-anaknya, dan akhirnya, memajukan negeri ini ke arah kemakmuran yang berkelanjutan.LIA

0
happy
Happy
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
wow
Wow
0
peduli
Peduli
HAN 2023: Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Ini Makna dan Sejarahnya

You Can Subscribe To Our Newsletter Completely Free

Don't miss the opportunity to be informed about new news and start your free e-mail subscription now.
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Login

Masuk atau Buat akun untuk bergabung bersama HAWA!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Join Us