TANGERANG, HAWA – Ryu Kintaro, anak berusia 9 tahun asal , berhasil mencatatkan penghasilan Rp1 miliar per tahun.

Penghasilan tersebut berasal dari dua sumber utama, yaitu kanal YouTube pribadinya dan bisnis jamu kekinian yang ia kelola.

Ryu memulai perjalanan sebagai YouTuber sejak usia 5 tahun. Kanal YouTube-nya, “Ryu Kintaro”, kini memiliki lebih dari 1,2 juta subscriber.

yang diunggah berisi kegiatan sehari-hari dan liburan. Dalam satu tahun, kanal ini berhasil meraih Silver Button dan Gold Button dari YouTube.

Penghasilan dari iklan dan endorsement menjadi salah satu sumber pendapatannya.

Selain YouTube, Ryu menjalankan bisnis jamu bernama “Tjap Nyonya Kaya” di Tangerang, Banten. Ia menjual jamu dalam kemasan botol dengan harga Rp15.000 per botol.

Bisnis ini dimulai setelah Ryu menciptakan jamu dengan rasa manis untuk mengatasi rasa pahit yang kurang ia sukai, bisnis jamu tersebut menghasilkan omzet Rp1 miliar per tahun.

Ryu juga pernah mencoba bisnis lain. Di usia 7 tahun, ia menjalankan usaha ayam crispy menggunakan gerobak dan berjualan susu segar dengan Lexus milik keluarga.

Namun, kedua usaha itu berhenti karena sulit mengatur waktu dengan jadwal sekolah dan kesegaran produk.

Ayah Ryu, Christopher Sebastian, yang merupakan CEO Makko Group, berperan dalam membimbingnya.

Dalam wawancara di kanal YouTube Kasisolusi, Ryu mengatakan, “Papa selalu ngajarin caranya ngatur, disiplin waktu, ya sekolah, les, ngonten.”

Dukungan fasilitas dari orang tua turut membantu perkembangan bisnisnya.

Ryu juga meraih di bidang kewirausahaan. Ia menjadi runner-up dalam ajang South East Young Entrepreneur Factor 2025 di Jakarta.

Ia tercatat sebagai pemenang termuda dalam kompetisi tersebut, sebagaimana dilaporkan Tribunnews.com pada 25 Februari 2025.

Hingga kini, Ryu tetap menjadikan sebagai prioritas utama meskipun sibuk dengan dan bisnis.

Ia aktif berbagi cerita melalui dan wawancara untuk menginspirasi anak-anak lain.LIA