MORUT, .ID – Kabupaten Utara (Morut) miliki Sumber Daya Alam (SDA) sangat melimpah yang dapat menunjang pertumbuhan dan pengembangan daerah. SDA itu dapat dikembangkan sebagain Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mengatasi masalah listrik yang selama ini belum tuntas dilakukan oleh pemerindah daerah. Hal ini diungkapkan calon Morut, Putra Amrullah belum lama ini.

Menurutnya, dari masa kepemimpinan sebelumnya, masalah yang sama terkait kelistrikan selalu mendapat solusi yang sama yaitu meminta bantuan kepada PLN sehingga tidak pernah ada realisasi dari solusi tersebut.

“Dari masa sebelumnya hingga saat ini, masalahnya selalu sama, dan solusi yang diambil juga sama, maka tidak akan ada realisasi dari solusi tersebut. Mengapa kita tidak mencoba mencari solusi lain melalui kolaborasi dengan pihak ketiga, yaitu investor,” ujarnya.

memiliki begitu banyak potensi SDA yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber EBT, tidak terkecuali dengan kabupaten Morut.

Scroll untuk melanjutkan

“Kita memiliki banyak potensi, tinggal apakah pemerintah bersedia mengelolanya atau tidak terkait energi terbarukan ini, dan apakah ada investor yang mau berinvestasi terkait energi terbarukan. Intinya, bagaimana kita dapat menjelaskan sehingga para investor bersedia masuk ke daerah untuk mengelola sumber energi tersebut,” kata Jeffisa.

sapaan akrab Jeffisa mengungkapkan bahwa EBT untuk sumber listrik di Morut pernah dia kembangkan, yaitu Biomassa dengan memanfaatkan kotoran hewan. Saat ini upaya itu sedang diuji cobakan, bahkan merinisiatif bahwa Ketika ia terpilih menjadi EBT dari Biomassa ini akan dikembangkan lagi.

“Biomassa sebagai sumber energi sudah saya uji cobakan di Morut, tapi nanti akan dikembangkan ketika saya terpilih sebagai . Kalaupun tidak, nantinya saya tetap akan mengembangkan karena kalau kita hanya mengharapkan dari investasi tentu juga menuai pro dan kontra,” ujarnya.LIA